Transportasi
adalah pemindahan manusia, hewan, atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya
dengan menggunakan sebuah kendaraan yang
digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi
digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Di
negara maju, mereka biasanya menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan
taksi. Penduduk di sana jarang yang mempunyai kendaraan pribadi karena mereka
sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagai transportasi mereka.
Transportasi sendiri dibagi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara.
Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk
memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi
udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi
lainnya. Tetapi kali ini hanya dibahas tentang transportasi darat saja. Berikut jenis-jenis transportasi darat yang sering kita
temui baik di kota maupun di desa.
Mobil Sewa
Untuk perjalanan panjang di dalam
maupun luar kota, dapat menyewa mobil atau penyewaaan mobil. Pilihan yang lain
sebagai persetujuan untuk satu dari taksi atau pangkalan taksi yang mana
biasanya terdapat di sekitar area kesibukan masyarakat seperti area pasar atau
tempat pemberhentian jalan raya, tetapi banyak sopir yang beroperasi pada jam
terbang malam tanpa surat ijin wajib secara resmi yang mana sangat beresiko.
Untuk penyewaan mobil sekaligus supirnya banyak terdapat di Indonesia, itu
biasanya memiliki tingkatan yang berbeda untuk supir dengan tujuan di dalam kota
dan supir untuk tujuan keluar kota.
Tingkatan yang berbeda untuk jarak
yang sama atau waktu periode watu, sesuai dengan model dan kondisi mobil yang
digunakan. Sebuah catatan untuk mengingat semua daftar mobil taksi dan penyewaan
mobil digunakan plat nomor warna kuning, hitam untuk mobil pribadi dan merah
untuk kendaraan milik pemerintah. Hal ini lebih baik untuk pedoman daftar taksi
dan transportasi Bandar udara dalam kedatangan ke sebuah tujuan.
Taksi
Taksi berargo biasanya terdapat di
Jakarta. Di Jakarta, tarif awal biasanya adalah Rp5.000,00 dan akan terus
bertambah per kilometer. Taksi seperti ini biasanya banyak digunakan juga di
kota lainnya dan semua dilengkapi dengan argo meter/alat pengukur
tarif.
Biasanya, taksi-taksi memiliki AC,
kecuali untuk taksi yang disewakan per jam, kebanyakan bandar udara memiliki
agen transportasi di mana taksi menjadi fasilitas dan masalah tentang bukti
pembayaran tunai untuk tujuan yang berbeda.
Bajaj
Bajaj dan Jakarta sudah bagaikan dua hal yang identik, tak ada
kota lain yang memiliki angkutan kota unik macam ini di Indonesia. Tawar-menawar adalah kebutuhan dan sebuah harga
menjadi persetujuan sebelum menggunakan jasa angkutan ini.
Di Jakarta memiliki dua jenis bajaj, yaitu bajaj 2 tak
(berbahan bakar bensin dan berwarna orange) dan bajaj gas (berbahan bakar gas
dan berwarna biru). Di antara kedua jenis bajaj tersebut, bajaj berbahan bakar
gas adalah bajaj keluaran terbaru di jakarta sejak beberapa tahun terakhir ini.
Bajaj ini bisa dibilang cukup nyaman (karena tidak mengeluarkan suara bising dan
tidak terlalu menghasilkan guncangan yang dahsyat ketika melintasi jalan
berlubang) dan ramah lingkungan (karena tidak mengeluarkan asap sisa
pembakaran). Tetapi kendaraan mini dengan roda tiga ini tidak diperbolehkan
masuk atau melintasi jalan tertentu, misalnya jalan tol atau jalan-jalan
protokol di Jakarta.
Mikrolet dan
Bemo
Ini adalah bus kecil, yang mana
dapat mengangkut 10 penumpang dan melintasi jalur yang pasti. Kendaraan ini
memiliki sebutan nama yang berbeda di lain kota, seperti angkutan di Jawa
Tengah, Bemo di Bali. (Bemo di Jakarta adalah kendaraan yang lebih kecil
mengangkut 6 penumpang).
Tarif bemo mengandalkan pada jarak dan berhenti berkali-kali menurut keinginan penumpang. Kendaraan ini dapat disewa tetapi melalui tawar-menawar. Selain dikota, kendaraan ini juga beroperasi di luar kota, untuk hal ini antara Jakarta dan Bogor dan sepanjang jalan negara.
Tarif bemo mengandalkan pada jarak dan berhenti berkali-kali menurut keinginan penumpang. Kendaraan ini dapat disewa tetapi melalui tawar-menawar. Selain dikota, kendaraan ini juga beroperasi di luar kota, untuk hal ini antara Jakarta dan Bogor dan sepanjang jalan negara.
Sepeda
Seperti sepeda motor, sepeda
bertenaga manusia biasanya tersedia untuk disewa di beberapa tempat, khususnya
di Yogyakarta, di mana sepeda menjadi alat angkut utama, dan juga di
Bali.
Kamu tidak membutuhkan surat izin untuk mengendarai sepeda. Selain itu, bersepeda juga bisa menyehatkan dan ramah lingkungan karena sama sekali tidak menghasilkan polusi.
Kamu tidak membutuhkan surat izin untuk mengendarai sepeda. Selain itu, bersepeda juga bisa menyehatkan dan ramah lingkungan karena sama sekali tidak menghasilkan polusi.
Becak
Becak adalah jenis taksi
sesungguhnya orang-orang kurang mampu di Indonesia dan walaupun menjadi
berangsur-angsur tidak kelihatan di Jakarta dan kota besar lainnya di Jawa. Itu
adalah gambaran dari contoh beberapa transportasi yang popular, di mana pejabat
tidak memiliki larangan yang berpengaruh terhadap mereka, di Jakarta, mereka
mengizinkan untuk beroperasi menyusur keluar kota di Jakarta.
Salah satu akan dapat menghormati untuk membayar kendaraan lainnya. Mereka mengizinkan untuk beroperasi bebas di Yogyakarta, Denpasar, Surabaya dan tempat-tempat lainnya, di mana mereka dapat menjadikan contoh transportasi dalam kota yang murah dan tepat. Pengemudi-pengemudi becak, walaupun reputasinya menjadi buruk ketika penekanan sosial, sebagian besar diantaranya mereka ramah terhadap pengemudi kendaraan umum dan sikap para penumpang.
Salah satu akan dapat menghormati untuk membayar kendaraan lainnya. Mereka mengizinkan untuk beroperasi bebas di Yogyakarta, Denpasar, Surabaya dan tempat-tempat lainnya, di mana mereka dapat menjadikan contoh transportasi dalam kota yang murah dan tepat. Pengemudi-pengemudi becak, walaupun reputasinya menjadi buruk ketika penekanan sosial, sebagian besar diantaranya mereka ramah terhadap pengemudi kendaraan umum dan sikap para penumpang.
Delman
Delman tidak lagi ditemukan di
Jakarta. Tetapi ditempat lain di Indonesia, terutama di kota kecil, mereka
menjadikannya alat transportasi penting. Di beberapa tempat di Indonesia, ada
yang menggunakan satu kuda, kendaraan roda dua dipanggil dokar, delman, satu
tempat duduk penumpang di samping di sebelah pengemudi dan tiga di
belakang.
Ongkos minimal Rp10.000,00 untuk jarak dari beberapa tempat di atas lima kilometer itu adalah alasan di kota-kota seperti Bogor dan Bandung dan akan menjadi mungkin rendah di kota-kota selanjutnya di daerah pedalaman di Yogyakarta dan Surabaya. Mayoritas delman banyak menggunakan empat roda ditarik oleh dua kuda dan daerah setempat menyebut andong.
Ongkos minimal Rp10.000,00 untuk jarak dari beberapa tempat di atas lima kilometer itu adalah alasan di kota-kota seperti Bogor dan Bandung dan akan menjadi mungkin rendah di kota-kota selanjutnya di daerah pedalaman di Yogyakarta dan Surabaya. Mayoritas delman banyak menggunakan empat roda ditarik oleh dua kuda dan daerah setempat menyebut andong.
Sekarang alat transportasi itu
menjadi sepi di beberapa area, walaupun di banyak kota, telah banyak yang
memiliki dan lebih memilih untuk mengoperasikan becak karena lebih
murah.
Kereta Api
Kereta api adalah sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya).
Rangkaian kereta atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang maupun barang dalam skala besar. Selain itu kereta juga bebas dari kemacetan. Karena sifatnya sebagai angkutan massal efektif, beberapa negara berusaha memanfaatkannya secara maksimal sebagai alat transportasi utama angkutan darat baik di dalam kota, antarkota, maupun antarnegara.
Kereta Api
Kereta api adalah sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya).
Rangkaian kereta atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang maupun barang dalam skala besar. Selain itu kereta juga bebas dari kemacetan. Karena sifatnya sebagai angkutan massal efektif, beberapa negara berusaha memanfaatkannya secara maksimal sebagai alat transportasi utama angkutan darat baik di dalam kota, antarkota, maupun antarnegara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar